Beranda » Rokok dan narkoba » Ciri Pengguna Narkoba

Ciri Pengguna Narkoba

AWAS BAHAYA ROKOK

SELAMAT DATANG

Selamat datang di media Bimbingan Konseling SMP Negeri 3 Berbah, semoga anda merasakan pentingya paparan yang ada dalam blog ini.

Yang berjasa

KALENDER

Agustus 2010
S S R K J S M
    Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Sekarang ini kasus narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) merupakan masalah yang cukup mengkhawatirkan, baik sebagai pemakai, pengedar, penjual, bandar bahkan sudah mampu memproduksi sendiri. Negara kita melarang pemakaian narkoba apalagi menjadi pengedar, penjual atau bandar (kecuali untuk kepentingan dunia kedokteran atau pengobatan).

jenis-jenis dan akibat mamakai narkoba

  1. Opiat (heroin, morfin, ganja). Biasanya pemakaian narkoba golongan opiate secara berlebihan akan menimbulkan perasaan senang dan bahagia, sikap acuh tak acuh (apatis), malas bergerak, mengantuk, rasa mual, bicara cadel, pupil mata mengecil (melebar jika overdosis), gangguan perhatian/daya ingat.
  2. Ganja. Ciri-ciri pemakai ganja yang berlebihan antara lain, merasa senang dan bahagia, santai dan lemah, acuh tak acuh, mata merah, nafsu makan meningkat, mulut kering, pengendalian diri kurang, sering menguap/ngantuk, kurang konsentrasi dan depresi.
  3. Amfetamin (shabu, ekstasi). Ciri pengguna narkoba jenis ini, kewaspadaan meningkat, bergairah, rasa senang, bahagia, pupil , mata melebar, denyut nadi dan tekanan darah meningkat, sukar tidur/ insomnia dan hilang nafsu makan.
  4. Kokain. Para pengguna kokain yang berlebihan akan merasakan denyut jantung cepat, agitasi psikomotor/gelisah, euforia/rasa gembira berlebihan, rasa harga diri meningkat, banyak bicara, kewaspadaan meningkat, kejang, pupil (manik mata) melebar, tekanan darah meningkat, berkeringat/rasa dingin, mual/muntah, mudah berkelahi, psikosis, perdarahan darah otak, penyumbatan pembuluh darah, nystagmus horisontal/mata bergerak tak terkendali, distonia (kekakuan otot leher).
  5. Alkohol. Pengguna alkohol yang berlebihan dapat dikenali dari cara bicara yang cadel, jalan sempoyongan, wajah kemerahan, banyak bicara, mudah marah, gangguan pemusatan perhatian dan nafas bau alkohol.
  6. Benzodiazepin (pil nipam, BK, mogadon). Pengguna narkoba golongan Benzodiazepin yang berlebihan mempunyai cirri-ciri bicara cadel, jalan sempoyongan, wajah kemerahan, banyak bicara, mudah marah.

Sedangkan tanda-tanda yang mungkin tampak pada pengguna penyalahgunaan narkotika atau zat adiktif antara lain ;

  1. Penampilan fisik. Pada penampilan fisik pengguna penyalahgunaan narkoba, berat badan turun drastis, mata terlihat cekung dan merah, muka pucat dan bibir kehitam-hitaman, tangan penuh dengan bintik-bintik merah seperti gigitan nyamuk dan ada tanda bekas luka sayatan. Tampak goresan dan perubahan warna kulit ditempat bekas suntikan. Buang air besar dan kecil kurang  lancar. Sering mengeluh sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas.
  2. Emosi. Para pengguna penyalahgunaan narkoba akan sangat sensitive dan cepat bosan, bila di tegur atau dimarahi malah akan menunjukkan sikap pembangkang, emosinya naik turun dan malah tidak ragu untuk memukul orang atau berbicara kasar terhadap anggota keluarga atau orang yang berada disekitarnya. Nafsu makan tidak menentu.
  3. Perilaku. Perilaku yang sering tampak dari para pengguna penyalahgunaan narkoba seperti; malas dan sering lupa terhadap tanggung jawab dan tugas-tugas rutinnya. Menunjukkan sikap tidak peduli dan jauh dari keluarga. Sering bertemu dengan orang yang tidak di kenal keluarga, pergi tanpa pamit dan pulang lewat tengah malam. Sering mencuri uang dirumahnya sendiri, disekolah atau tempat pekerjaan, dan sering menggadaikan barang-barang berharga di rumah apalagi barang berharga miliknya. Selalu mengeluh kehabisan uang. Waktunya di rumah selalu dihabiskan di kamar tidur, kloset, ruang yang gelap, kamar mandi atau tempat-tempat sepi lainnya.
  4. Mereka takut akan air, karena jika terkena air badan mereka akan terasa sakit sehingga mereka jadi malas mandi. Sering mengeluh batuk dan pilek berkepanjangan, ini terjadi jika mereka “putus zat”. Sikapnya cenderung jadi manipulatif dan tiba-tiba manis bila akan menginginkan sesuatu (seperti saat membutuhkan uang).

Sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan. Mengeluh jantung berdebardebar, sering menguap, mengeluarkan air mata berlebihan, mengeluarkan keringat berlebihan, sering mengalami mimpi buruk, mengalami nyeri kepala dan nyeri sendi.


1 Komentar

  1. bksmpn3berbah mengatakan:

    Dilengkapi lagi infonya ya bos!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 2,713 hits

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Jadikanlah dirimu berprestasi

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: